Pemantik

Deteksi Bias Gender pada Soal Literasi dan Numerasi: Konteks Soal Seperti Apa untuk Level Awal?

Bagikan:

Facebook
WhatsApp
Twitter

Postingan Terbaru

Praktik Baik Penggunaan Pemantik: Studi di Karawang

Desember, 2022

Dalam pengalaman menggunakan PEMANTIK, Inspirasi juga melihat perubahan paradigma pada kepala sekolah dan guru, dimana mereka menjadi lebih peka pada data hasil belajar, kondisi dan kebutuhan belajar siswa, dan kemudian merasa terpacu untuk melakukan praktik baik yang dapat mengatasi masalah terkait.

Deteksi Bias Gender pada Soal Literasi dan Numerasi: Konteks Soal Seperti Apa untuk Level Awal?

Desember, 2022

Pengembangan instrumen literasi dan numerasi perlu memastikan bahwa instrumen tidak menguntungkan atau merugikan kelompok peserta tes tertentu atau bebas bias. Hal ini kemudian menekankan pada pentingnya proses identifikasi potensi bias.

Deteksi Bias Gender pada Soal Literasi dan Numerasi: Konteks Soal Seperti Apa untuk Level Awal?
Abstrak

Pengembangan instrumen literasi dan numerasi perlu memastikan bahwa instrumen tidak menguntungkan atau meru- gikan kelompok peserta tes tertentu atau bebas bias. Hal ini kemudian menekankan pada pentingnya proses identifikasi potensi bias pada setiap soal. Metode analisis bias digunakan untuk mengidentifikasi potensi bias pada soal-soal Pemantik. Hasil penelitian menunjukkan paket soal literasi bebas bias, dan terdapat bias gender pada dua soal level 0 paket numerasi yaitu items 2 dan 4. Temuan ini menunjukkan perlu dilakukan perbaikan pada item dengan potensi bias gender dengan tidak menggunakan konteks tertentu, seperti buah, tumbuhan, atau sejenisnya. Dengan kata lain, butir soal perlu dikem- bangkan dengan mempertimbangkan konteks umum seperti bangun datar atau sejenisnya.

Kilas Pemantik Lainnya
Post TerbaruPemantik
Deteksi Bias Gender pada Soal Literasi dan Numerasi: Konteks Soal Seperti Apa untuk Level Awal?

Pengembangan instrumen literasi dan numerasi perlu memastikan bahwa instrumen tidak menguntungkan atau meru- gikan kelompok peserta tes tertentu atau bebas bias. Hal ini kemudian menekankan pada pentingnya proses identifikasi potensi bias pada setiap soal. Metode analisis bias digunakan untuk mengidentifikasi potensi bias pada soal-soal Pemantik. Hasil penelitian menunjukkan paket soal literasi bebas bias, dan terdapat bias gender pada dua soal level 0 paket numerasi yaitu items 2 dan 4. Temuan ini menunjukkan perlu dilakukan perbaikan pada item dengan potensi bias gender dengan tidak menggunakan konteks tertentu, seperti buah, tumbuhan, atau sejenisnya. Dengan kata lain, butir soal perlu dikem- bangkan dengan mempertimbangkan konteks umum seperti bangun datar atau sejenisnya.

TerbaruPemantik

Postingan dan Publikasi dari Pemantik terkait tingkat Literasi Numerasi Siswa berdasarkan hasil Penelitian yang dilakukan menggunakan Platform Assessment Literasi Numerasi Pemantik

Deteksi Bias Gender pada Soal Literasi dan Numerasi: Konteks Soal Seperti Apa untuk Level Awal?

Pengembangan instrumen literasi dan numerasi perlu memastikan bahwa instrumen tidak menguntungkan atau meru- gikan kelompok peserta tes tertentu atau bebas bias. Hal ini kemudian menekankan pada pentingnya proses identifikasi potensi bias pada setiap soal. Metode analisis bias digunakan untuk mengidentifikasi potensi bias pada soal-soal Pemantik. Hasil penelitian menunjukkan paket soal literasi bebas bias, dan terdapat bias gender pada dua soal level 0 paket numerasi yaitu items 2 dan 4. Temuan ini menunjukkan perlu dilakukan perbaikan pada item dengan potensi bias gender dengan tidak menggunakan konteks tertentu, seperti buah, tumbuhan, atau sejenisnya. Dengan kata lain, butir soal perlu dikem- bangkan dengan mempertimbangkan konteks umum seperti bangun datar atau sejenisnya.